Kalibrasi Waterpas atau Automatic Level Topcon

https://3.bp.blogspot.com/-TVKo_M54tD8/WqZO0AFeLiI/AAAAAAAAATw/lir4Ml4WDokb5Ao_J2yRZDMWPq9BvjAMwCLcBGAs/s72-c/atb%2B4.jpg click to zoom
Ditambahkan Senin, Maret 12, 2018
Kategori KALIBRASI
Harga Autolevel atau dalam bahasa pertukangannya sering di sebut waterpass, Automatic level merupakan alat utama dalam melakukan leveling survey ...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Kalibrasi Waterpas atau Automatic Level Topcon

waterpass atau automatic levelAutolevel atau dalam bahasa pertukangannya sering di sebut waterpass, Automatic level merupakan alat utama dalam melakukan leveling survey yang berfungsi untuk menentukan jarak horizontal maupun vertikal suatu titik (stasiun). Agar Autolevel dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan juga Tripod, yang berfungsi untuk mendudukkan autolevel tersebut serta sebuah rod yang didirikan disuatu titik/stasiun yang berfungsi sebagai sasaran yang akan diteropong/dikaji jarak horizontal maupun jarak vertikalnya.

Fungsi Alat Ukur Waterpass
Fungsi bagian-bagian alat Waterpass
Cermin nivo : untuk memantulkan bayangan nivo 
Nivo : untuk mengetahui kedataran alat 
visir bidikan : untuk mengarahkan arah bidikan 
teropong Sekrup fokus benang : untuk memfokuskan benang bidikan 
Lensa bidik : untuk melihat bidikan 
Sekrup penggerak horisontal : untuk menggerakan secara halus arah bidikan horisontal teropong 
Sekrup leveling : untuk me-level-kan(mendatarkan) alat
Plat dasar: untuk landasan alat ke tripot
Body teropong : badan teropong
Sekrup fokus obyek : untuk memfokuskan obyek bidikan
Rumah lensa depan : untuk tempat lensa depan
Skala gerakan sudut horisontal : untuk mengetahui besar gerakan sudut horisontal
No seri alat : nomor seri untuk identifikasi alat


Prinsip krerja alat ini sama dengan alat penyipat datar lainnya, yaitu garis bidik kesemua arah harus dalam keadaan mendatar, sehingga membentuk bidang datar atau bidang horizontal, dimana titik-titik pada bidang tersebut akan menunjukkan ketinggian yang sama.
Sesuai konstruksi alat yang dipersiapkan dengan prinsip menyipat datar, maka alat ini dapat digunakan untuk Memperoleh pandangan mendatar atau mendapatkan garis bidikan yang sama tinggi, sehingga titik-titik yang tepat dengan garis bidik/bidikan akan mempunyai ketinggian yang sama.
Dengan pandangan mendatar ini dan diketahuinya jarak dari garis bidik yang dapat dinyatakan sebagai ketinggian garis bidik terhadap titik-titik tertentu, maka akan diketahui atau ditentukan beda tinggi atau ketinggian dari titik-titik tersebut.
Kedua hal di atas adalah kegunaan utama dari alat ukur waterpas sesuai dengan fungsinya sebagai sifat ukur datar dan minimal bagian-bagian alat yang semestinya ada, yaitu sumbu satu, teropong dengan garis bidiknya dan nivo. Alat ini dapat ditambah fungsi atau kegunaannya dengan menampah bagian alat lainnya. Umumnya alat ukur waterpas ditambah bagian alat lain, seperti :
Benang stadia, yaitu dua buah benang yang berada diatas dan dibawah serta sejajar dan dengan jarak yang sama dari benang diafragma mendatar. Dengan adanya benang stadia ini dan bantuan kelengkapan alat ukur waterpas berupa rambu atau bak ukur, alat ini dapat digunakan atau difungsikan sebagai alat ngukur jarak horizontal atau jarak mendatar. Pengukuran jarak seperti ini dikenal dengan jarak optik.
Lingkaran berskala, yaitu lingkaran di badan alat yang dilengkapi dengan skala ukuran sudut. Dengan adanya lingkaran berskala ini arah yang dinyatakan dengan bacaan sudut dari bidikan yang ditunjukkan oleh benang diafragma tegak dapat ditentukan atau diketahui, sehingga bila dibidikan ke dua buah titik, sudut antara kedua titik tersebut dengan alat dapat ditentukan atau dengan kata lain alat ukur waterpas ini dapat pula difungsikan sebagai alat pengukur sudut horizontal. 

Dalam kenyataan banyak sekali tipe dan merk dari Waterpass atau Automatic Level, salah satunya adalah Automatic Level Topcon AT-B4 Memanfaatkan sistem peredaman magnetik tersetel, Automatic Level Topcon AT-B4 cepat dalam menstabilkan garis pandang. Instrumen presisi bahkan ketika bekerja di dekat alat berat atau jalan raya yang ramai di mana getaran terjadi. Tingkat otomatis menampilkan IPX6 perlindungan terhadap air yang kuat dari segala arah dan sepenuhnya tahan terhadap hujan lebat dan percikan air.

Sudut horisontal dapat langsung dibaca dalam 1 unit º atau 1gon. Fitur rotasi bebas memungkinkan Anda untuk membaca sudut manapun dari nol. Lingkaran tertutup untuk perlindungan terhadap kotoran dan goresan. Jendela pembacaan terletak di bawah lensa mata untuk membaca cepat.
kalibrasi alat survey
08231696863

FITUR Waterpass Topcon AT-B4
Tahan lama dan awet High Value Auto Levels
3 Model - 32x, 28x, 24x dan Perbesaran
Cepat, Akurat, dan Stabil Kompensasi Otomatis
Ultra-Short 20cm (7.9 in) Fokus
Semua Cuaca Dependability
Clampless
Accuracy +/-0.08" @ 100 Ft.
Aperture 1.2"
Characteristics Waterproof, Dustproof, 1:100 Stadia Lines
Field of View 1 Deg 30''
Item Optical Level
Leveling Type Mylar Suspended w/Magnetic Dampening
Magnification 24x
Minimum Focus 1.6 ft.
Mounting Thread  5/8-11
SKUs 4XRD4
Type Auto-Leveling
UPC 094706715733
Vertical Range Level
Weight 7.90
Working Range Unlimited

Cepat, Stabil, dan Tahan Lama Compensator
Kompensator Waterpass Topcon AT-B4 menggabungkan empat kabel suspensi yang terbuat dari logam super-tinggi-tarik yang memiliki koefisien ekspansi termal minimal, memberikan daya tahan yang tak tertandingi dan keakuratan. Tersetel sistem peredaman magnetik cepat tingkat dan menstabilkan garis pandang meskipun getaran halus hadir ketika bekerja di dekat alat berat atau jalan raya sibuk.

Lingkaran horisontal untuk Pengukuran Sudut
Sudut horisontal dapat langsung dibaca dalam 1 unit º atau 1gon. Fitur rotasi bebas memungkinkan Anda untuk membaca sudut manapun dari nol. Lingkaran tertutup untuk perlindungan terhadap kotoran dan goresan.

Tipe ATB-4 dari Topcon ini adalah salah satu jenis dari waterpass atau automatic level yang sangat direkomendasikan dan untuk menjaga agar alat tetap prima haruslah dilakukan kalibrasi secara berkala.Waktu kalibrasi dipengaruhi oleh jenis alat ukur, frekuensi pemakaian, dan pemeliharaan.Bisa dinyatakan dalam beberapa cara :
Dengan waktu kalender (6 bulan sekali)
Dengan waktu pemakaian (1.000 jam pakai, dst)
Kombinasi cara pertama dan kedua, tergantung  mana yg lebih dulu tercapai

Dengan melakukan kalibrasi, bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur.

Hasil Kalibrasi antara lain :
Nilai Obyek Ukur
Nilai Koreksi/Penyimpangan

Untuk mengetahui informasi mengenai alat ukur, Anda bisa menghubungi saya dinomor 082316968635 atau kunjungi web kami di www.indosurta.co.id  . Semoga catatan ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan alat survey atau pemetaan Anda.

Terimakasih.




Komentar